Bagaimana Cara Mencegah Pencurian Data Pribadi? Ketahui di Sini

Pencurian data pribadi begitu meresahkan dan korban selalu bertambah banyak. Bahkan beberapa tahun belakangan ini Indonesia begitu ramai dengan banyaknya kasus pencurian data pribadi oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pencurian data pribadi sendiri merupakan suatu aktivitas ilegal karena mengambil data rahasia individu untuk kepentingan pribadi atau pihak tertentu tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu dari individu terkait. Terjadinya hal ini tentu akan sangat merugikan korbannya.

Banyaknya data yang dicuri didapatkan dari hacker yang berhasil meretas situs individu, perusahaan, bahkan negara. Data tersebut kemudian dijual di situs ilegal, tujuannya agar mendapatkan keuntungan. Mengapa pencurian data pribadi sangat berbahaya? Pastinya korban akan mendapatkan berbagai risiko seperti rekening bank dibobol, risiko terdampak kejahatan siber, kebutuhan telemarketing, dan lain sebagainya.

Cara Mencegah Pencurian Data Pribadi

Pencurian data pribadi sangat berbahaya, untuk mengatasi bahaya dari tindakan tersebut maka anda harus menerapkan beberapa cara untuk mencegahnya. Nah, di bawah ini kami jelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya pencurian data pribadi, antara lain:

1. Membatasi Penggunaan WiFi Gratis yang Ada di Tempat Umum

Mengerjakan tugas atau pekerjaan di cafe atau tempat umum lainnya memang nyaman ya, apalagi di tempat-tempat umum saat ini banyak yang menyediakan WiFi secara gratis dan anda pun dapat menggunakannya kapan saja. Namun sayangnya ketersediaan internet gratis ini jadi salah satu cara hacker untuk mendapat informasi pribadi korban.

Maka dari itu akan lebih baik membatasi penggunaan WiFi di tempat umum. Tapi kalau sedang ada di situasi yang mengharuskan anda menggunakan WiFi tempat umum maka gunakan VPN. Selain itu anda juga bisa menggunakan hotspot dari hp anda. VPN sendiri berperan untuk menjaga data pengguna agar tidak mudah diretas oleh hacker.

Hadirnya VPN pun membuat transmisi data lebih privasi sehingga pihak lain tidak tahu aktivitas apa yang sedang dilakukan penggunanya. Saat ini ada banyak sekali aplikasi VPN yang bisa anda coba dan download secara gratis baik itu di App Store, Google Play Store, atau dengan mengunduhnya di desktop dari sumber terpercaya. Tips dari kami, pilih aplikasi VPN yang berkualitas, banyak penggunanya, dan memiliki rating tinggi.

2. Download Aplikasi Resmi

Berhati-hatilah dengan aplikasi yang ada saat ini, karena sudah banyak aplikasi ilegal bermunculan yang bisa saja di aplikasi tersebut disusupi oleh virus, malware, dan hacker jadi lebih mudah untuk melakukan pencurian data pribadi anda.

Kalau anda tergoda untuk mengunduh atau bahkan sudah ada aplikasi mod (modifikasi dari pihak ketiga) di perangkat anda, segera uninstall agar menghindari pencurian data pribadi. Aplikasi ilegal sangat berbahaya karena kita tidak tahu bagaimana kualitas dari aplikasi tersebut dan siapa pengembangnya. Apakah perlindungan data yang diberikan aplikasi benar-benar bisa terpercaya dan aman? Mungkin saja pengembang malah memanfaatkan data pribadi para pengguna aplikasi tersebut.

Hanya mengunduh aplikasi legal akan membantu mengamankan data pribadi anda. Ada persyaratan tersendiri untuk membuat suatu aplikasi masuk ke dalam kategori aman, dan syaratnya pun begitu ketat. Aplikasi resmi juga mengamankan perangkat anda dari virus dan malware.

3. Selalu Melakukan Enkripsi Data

Dan cara terakhir untuk mencegah pencurian data pribadi yaitu dengan selalu melakukan enkripsi data. Perlu diketahui bahwa perusahaan wajib untuk menjaga informasi para pengguna, maka dari itu perlu penerapan konsep enkripsi.

Tujuan dari hal ini yaitu mampu meningkatkan keamanan informasi pengguna sehingga hacker tidak mudah melakukan peretasan. Berbagai data sensitif pengguna seperti PIN maupun password wajib dilakukan enkripsi seperti SSL.

Tinggalkan komentar